biografi thomas alfa edison lengkap


Tugas individu
Biografi Thomas Alfa Edison
Di susun untuk memenuhi slaah satu tugas
Mata kuliah : Sejarah Dunia I
Dosen : M. Iqbal S.S.M.Hum.
Logo_IAIN_Palangka_Raya.jpeg





                                                                                                      




         

Di susun oleh:

Fatihatur Rizqiah
Nim : 1703150034


PROGRAM STUDI SEJARAH PERADABAN ISLAM
FAKULTAS USHULUDDIN ADAB DAN DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALANGKA RAYA
TAHUN 2018/2019


“ THOMAS ALFA EDISON ”
thomas alfa edison.jpg















Thomas alfa edision lahir di Milan, ohio, amerika, 11 februari 1847, dan merupakan anak ke tujuh dan terakhir, waktu kecil Thomas di panggil “AL”. ayahnya bernama Samuel odgen Edison dan ibunya bernama nacy Mathews. Tahun 1854 orang tuanya pindah ke port huron Michigan, dan Thomas pun tumbuh besar di sana . Thomas mempunyai saudara yang bernama : Samuel ogden, William pitt Edison, Marion Wallace Edison, Eliza smith Edison, Carlie Snow Edison dan Harriet Ann.  Ayah thoams meninggal pada tahun 1896 dan ibu nya meninggal pada thun 1871.
Thomas  adalah penemu paling produktif keempat dalam sejarah ,Thomas memegang 1.093 paten AS dalam namanaya, serta banyak paten di inggris, prancis dan jerman. Thomas di kreditkan dengan penemuan banyak yang memeberikan kontribusi untuk komunikasi massa dan khususnya telekomunikasi, ini termasuk ticker saham, recorder suara mekanik, beterai untuk mobil listrik, rekaman music dan gambar gerak. Pekerjaan lanjutan di bidang ini adalah hasil dari awal karieinya sebagai operator telegraf. Thomas mengembangkan system listrik, pembangkit listrik dan distribusi untuk rumah, bisnis dan pabrik perkembanagn penting dalam dunia industry modern, pembangkit listrik pertamanaya adlaah di pearl stree dan manhattan, new York.[1] Hasil-hasil temuannya mencatatnya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia. Thomas pun seorang pengusaha yang sukses. Kesuksesan Thomas alfa edision tidak lepas dari dedikasi Nancy Matthews edision. Seorang ibu luar biasa yang berhasil mendidik dan mengembangkan minat Thomas.
·                Masa kecil Thomas  Alfa Edison  
Tidak ada yang menyangka bahwa ilmuwan skaliber Thomas Alfa di sebut sebagai anak idiot atau bodoh ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Ia tidak benar-benar bodoh, tetapi Thomas tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah karena ia merasa bosan dengan cara belajar di sekolah.thomas terbiasa belajar dengan bnayak bertanya kepada ibunya. Saat di sekolah, ia hanya di minta duduk manis dan memperhatikan gurunya menjelaskan, kemudian mengahafal segala sesuatu yang di jelaskan oleh gurunya (pandeta angel ) dan hal tersebut sama sekali tidak menarik minatnya. Ia pun sering melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang terlintas dalam benaknya dan dinilai tidak masuk akal oleh gurunya, seperti “ kenapa ayam berbulu dan, manusia tidak berbulu?.” Kenapa bulu manusia berbeda dengan bulu ayam” bagaimana bulu ayam bisa menempel di tubunya”.
            Thomas sempat berpikir bahwa dirinya benar-benar bodoh karena di perlakukan sebagai anak bodoh di sekolah. Namun, sang ibu terus membangun rasa percaya dirinya, sang ibu pun mengeluarkan Thomas dari sekolah. Thomas hanya bersekolah selama 3 bulan. Di bawah bimbingan sang ibu, Thomas belajar materi-materi dasar sekolah, seperti membaca, menulis, dan berhitung. Sang ibu memperkenalkan ilmu pengetahuan alam, sejarah, dan sastra kepada Thomas melalui buku-buku. Karena minat Thomas yang tinggi pada percobaan, nancy pun membuatkan laboraturium kecil-kecilan di rumah untuk Thomas.
            Cara mengajar nancy (sang ibu)yang menarik meningkatkan semangat thomas dalam menimba ilmu. Karakter yang di bangun oleh nanchy pada Thomas menajdikan anak terakhirnya ini lebih dewasa di bandingkan anak-anak seusiannya. Rahasia kesuksesan nancy dalam mendidik Thomas alfa Edison adalah ia mendedisikasikan seluruh waktunya bagi pendidikan Thomas. Ia juga tidak memaksakan kehendak. Tetapi berusaha mengembangkan pengalaman dan mencari berbagai cara yang menarik untuk mengunggah rasa ingin tahu dan keinginan Thomas agar dapat belajar. [2]
            Pada usia 11 tahun Thomas alva Edison berhasil membuat karya  dengan laboraturium yang di buatkan ibunya di ruang bawah tanah dengan waktu satu tahun setelah pembuatan laboraturium itu ia berhasil membuat telegraf yang meskipun bentuknya premitif tetapi bisa berfungsi, tentu saja percobaan-percobaan yang di lakukannya membutuhkan biaya yang lumayan besar, untuk memenuhi kebutuhannya itu.
            Ketika berusia 12 tahun, thomas memutuskan untuk bekerja. Ia berjualan Koran, buah, dan makanan ringan di sebuah jalur kereta api di sepanjang jalur kereta api sebagai “news butcher (penjangal berita)” di sepanjang rute dari pot huron ke Detroit. Agar waktu di kereta api tidak terbuang percuma Thomas meminta ijin kepada pihak perusahaan kereta api “grand trunk railway” untuk membuat laboraturium kecil di salah satu gerbong kererta api. Di sanalah ia melakukan percobaan dan literature ketika sedang tidak bekerja.
Pada tahun 1861. Terjadi perang saudara antara Negara-negara bagian utara dan selatan. Topic ini menjadi perhatian banyak orang. Thomas melihat peluang ini. Ia pun membeli sebuah alat cetak tua seharga 12 dolar. Dan ia kemudian  mencetak sendiri  korannya yang di beri nama ’weekly herelad’.koran ini adalah Koran pertama yang di cetak di atas kereta api dan lumayan laku terjual. Mendapat uanag mencapai US$ 400 dalam sehari.
·                     Masa muda thoamas alfa Edison
Thomas memiliki pendengaran yang kurang baik karena ia tidak  benar-benar tuli. Melainkan ia menagalami ganguan pendengaran. Ada yang menyebutkan bahwa thoams kehilangan pendengaran ini akibat penyakit dan ada pula mengatakan karena kecelakaan (petugas stsaiun memukul Thomas karena terjadi kebakaran di kereta akibat laboraturiumnya). Namun Thomas tidak mengeluhkan hal itu atau menajdikannay kekurangannya. Ia mengangap itu sebagai sebuah keuntungan sebab ia jadi memiliki waktu lebih banyak untuk berpikir daibandingkan mendengarkan pembicraan kosong.
Pada usia 15 tahun, Thomas menjelajahi Negara sebagai “gelanadanagn telegram”  menggunakan jenis huruf berbeda yang di sebut kode morse. Ia mengirimi dan meneriam pesan melalui telegraf, meskipun ia sudah kehilangan pendengarannya ia masih bisa mendengar suara klik telegraf. Dalam tujuh tahun berikutnya ia pindah puluhan kali, sering bekerja sepanjang malam. Mengambil pesan untuk kereta dan bahkan untuk angkatan darat union selama perang saudara dalam waktu luangnya,  ia mengambil hal lain untuk melihat bagaimana mereka bekerja. Akhirnya ia memutuskan  untuk menemukan hal-hal sendiri setelah kegagalan penemuan pertamanya. Perekam suara listrik, Thomas pindah ke new York city. Di sana ia memperbaiki cara kerja telegraf ini adalah terbobosan besar.[3]
            Tahun 1868 edison mendapat pekerjaan sebagai operator telegaraf di boston. Seluruh waktu luangnya di habiskan untuk melakukan percobaan-percobaan teknik, tahun ini pula ia menemukan system intercom elektrik.
            Thomas mendaftarkan hak paten pertamanaya untuk alat electric vote recorde. Tetapi tidak ada orang yang membelinya akhirnya, Thomas pun memutuskan untuk membuat alat yang menarik minat orang untuk membelinya ia beralih keperalatan komersil. Thomas berhasil melakukan pengembangan stock ticker dan menjualnya kepada sebuah perusahaan seharga $40.000.[4]
Thomas menikah dengan istri pertamanya marry stilwell. Pada hari natal 1871. Mereka memili tiga orang anak(marion, Thomas,jr, dan wiliam. Thomas mengiginkan tempat yang tenang untuk melakukan penelitian lebih dan Thomas pun pindah dari Newark ke Menlo park, new jersey. Pada tahun 1876 dengan uang hasil penemuannya Thomas membangun sebuah laboraturium dan perusahan Menlo park. New jersey. Thomas tidak sendirian di Menlo park , Thomas menyewa “pekerja” untuk membantu dia bekerja “pekerja” ini datang dari seluruh dunia untuk membuat peruntungan mereka di amerika. Mereka  sering terjaga sepanjang malam bekerja dengan “kepala mucker” .thomas sendiri, Thomas kadang-kadang disebut sebgai “wizardof Menlo park” (penyihir dari Menlo park) karena ia menciptakan dua dari tiga karya terbesar di sana. Dan Di laboraturium inilah Thomas  menelurkan berbagai penemuan yang kemudian mengubah pola hidup sebagian besar orang-orang di dunia.[5]
·         Percobaan lampu pijar
pada tahun 1877. Thomas mencurahkan tenaga, waktu, dan uangnya untuk percobaan membuat lampu pijar persoalaanya adalah ia harus menemukan bahan yang bisa berpijar, tetapi tidak terbakar ketika dialiri arus listrik, mulai tahun 1878. Edison dan muckers bekerja di salah satuprestasi terbesar. Sistem lampu listrik adalah lebih dari sekedar lampu pijar atau “bola lampu” Thomas juga merancang system pembangkit listrik yang membuat daya listrik dan kabel yang membawa ke rumah-rumah penduduk, Thomas telah melakukan percobaan dengan 6.000 bahan berbeda, akhirnya, pada 21 oktober 1879, teciptalah lampu listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam,  Menegenai percobaan ini. Thomas memprotes surat kabar yang menuliskan berita utama berjudul “setelah 9,955 kali gagal menemukan lampu pijar, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala” Thomas pun meminta judulnya di ubah menjadi “ setelah 9,955 kali berhasil menemukan lampu yang gagal menyala, Edison akhirnya berhasil menemukan lampu yang menyala “.( Pesan dari Thomas alfa Edison adalah betapa banyak orang yang meneyerah padaha hanya perlu beberapa langkah lagi untuk sampai pada keberhasilan )[6]
pada tahun 1884 istri Thomas yang pertama meninggal dan pada tahun  1885, satu tahun setelah istri pertamanya meninggal, Thomas bertemu dengan seorang wanita 20-tahun bernama mina miller, ayahnya adalah seorang penemu di Negara bagian rumah Thomas dari ohio, Thomas mengajari mina kode morse agar mereka dapat berkomunikasi secara rahasia dengan ketukan kode di tangan mereka dan kemudian mereka  menikah pada tahun 1886 dan memiliki 3 orang anak : (madaleine, Charles, dan Theodore ). pada tahun 1890,  tomash  mendirikan perusaahn general electric/ laboratorium di west orange yang sepuluh akli lebih besar dari pada yang di Menlo park. Bahkan  laboratorium itu adalah salaha satu laboraturium  terbesar di  dunia. Hampr sama terkenalnya dengan Thomas sendiri. Thomas mendapatkan setengah dari paten 1.093 paten di west orange.
            Thomas mulai bekerja pada usia yang sangat muda dan terus bekerja hingga akhir hayatnya, sepanajang hidupnya, Thomas telah mematenkan sekitar 1.093 hasil penemuannya yang bermanfaat 389 untuk lampu listrikdan listrik, 195 untuk fonograf, 150 untuk telegraf, 141 untuk beterai penyimpanan dan 34 untuk telpon. Penemuan penemuan Thomas antara lain  termasuk lampu pijar, gramfon, dan kamera film. Ketiga penemuannya ini membangkitkan industry listrik, rekaman dan film yang memengaruhi kehidupan masyarakat. Dan penemuan yang jarang di sebutkan antara lain : telegraf cetak, pulpen elektrik, proses penembangan magnetic, torpedo listrik, karet sintesis, betreai alkaline, pengaduk semen, mikrofon, transmitter telpon karbon, dan proyektor gambar bergerak. Thomas juga berjasa dalam bidang perfilman ia mengabungkan film fotografi yang telah di kembangkan George Eastman menjadi industry film yang mengahasilakn jutaan dollar seperti saat ini, dia pun membuat black maria. Suatu studio film bergerak yang di bangun pada jalur berputar.[7]
Thomas Tidak hanya meningkatkan fonograf beberpa kali, tetapi ia juga bekerja pada x-ray, penyimpanan beterai, dan bonela berbicara pertama. Pada west orange Thomas bekerja di salah satu ide terbaik “motion pictures” atau film. Penemuan ini merubah cara kita hidup sampai saat ini
            Tahun 1920-an kesehatan Thomas alva Edison semakin memburuk dan pada tahun 1928 ia menerima penghargaan berupa sebuah mendali khusus dari kongres amerika serikat, pada tanggal 18 oktober 1931, Thomas meniggal pada usia 84 tahun di hari ulang tahun penemuannya yang terkenal, bola lampu modern.  di new jersey ia meninggal dunia. [8]











DAFTAR PUSTAKA

https://nurwahida76.wordpress.com/2013/02/21/biografi -riwayat-hidup-thomas-alva-edison
http://uliulbana.blogspot.com/2015/09/thomas alfa edison biography.html?m=

https://titiknol.co.id/peristiwa/18-oktober-1931-meninggalnya-pencipta-bola lmpu moderen
https://www.history.com/.amp/topics/inventions/thomas.edison


[1] https://nurwahida76.wordpress.com/2013/02/21/biografi -riwayat-hidup-thomas-alva-edison.(di akses pada 26 september 2018, pukul,19.33.)
[2] https://abiummi.com/thomas-alfa-edison/ (di akses pada 27 september 2018, pada pukul 12.55).
[3] http://uliulbana.blogspot.com/2015/09/thomas alfa edison biography.html?m=1(di akses pada 28 september 2018. Pada pukul 19.11).
[5] http://uliulbana.blogspot.com/2015/09/thomas alfa edison biography.html?m=1(di akses pada 28 september 2018. Pada pukul 19.55)

[7] https://www.history.com/.amp/topics/inventions/thomas.edison(di akses pada 28 september 2018 pada pukul 19.33).
[8] https://titiknol.co.id/peristiwa/18-oktober-1931-meninggalnya -pencipta-bola lmpu moderen.(di akses pada 28 september 2018 pada pukul 20.00).

Komentar